Senin, 02 Oktober 2017

Tentang Alasan, Pertemuan, dan Perpisahan

Tentang Alasan, Pertemuan, dan Perpisahan


Kenapa orang suka mencari alasan? Atau selalu penasaran dengan alasan? Tapi bukankah hidup ini juga adalah untuk mencari alasan? Segalanya soal alasan. Jadi apa alasanku menulis ini? Kamu penasaran? Baiklah akan segera kutuliskan alasannya biar rasa penasaranmu terjawab.

Ini adalah soal pertemuan. Tapi juga perpisahan. Ini soal hidup yang katanya setiap ada pertemuan pasti ada perpisahan. Dengan seorang laki-laki berketurunan Jawa tulen katanya. Kukira sudah bisa kutebak dari namanya. Benar-benar Jawa. Aku suka, namanya maksudku, sudah kubilang, aku cinta budaya lokal, kutulis ditulisan aku tempo hari.

Sebenarnya ini tidak adil, aku harus menulis sesuatu tentangnya tapi aku tidak terlalu banyak tahu, dia soalnya yang banyak nanya sih. Tapi okelah, akan kuusahakan, biasanya orang yang suka nulis banyak akal.

Malam itu aku seperti orang hilang di kota orang, dua teman perempuanku tega meninggalkanku sendiri. Okelah mereka sedang ada perlu. Perlu untuk pulang, karena ada keperluan. Jadi ceritanya aku sedang mengikuti acara workshop jurnalistik selama dua hari, dan sehari untuk Deklarasi PPMI (Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia) DK Purwokerto, tentu saja di Purwokerto. Dan dia itu BPNas Media PPMI, baru tadi aku tahu, pun karena nanya via dirahasiakan.

Setelah mandi dan istirahat sejenak di kos teman kenalan saat di sana, aku balik ke tempat workshop yang terasa sepi, sunyi, sendiri, aku benci. Dan tidak ada gelas yang bisa dipecahkan. Beruntung ada yang memanggilku agar gabung ngobrol.

Dari situ kita akhirnya kenalan dan ngobrol. Setelah sesaat dikacangin pada ngobrol, lagian aku gak tahu pada ngobrol apaan, alhasil menjadi pendengar setia saja.

Dia nanya namaku, setelah kujawab, lalu aku balik nanya namanya, namanya Joko katanya, benar-benar Jowo kan namanya? Aku kira nama Joko hanya menjadi cerita di legenda, cerita rakyat, atau mitos, ternya ada juga di tulisan blog Lemping Penaku.

Lalu obrolan lebih banyak tentangku, tentang nama Inet, tentang blog Lemping Pena, yang tidak perlu kutuliskan menurutku. Dia juga blogger loh, yeah aku nemu temen blogger, alamat blognya jokomanunggal.blogspot.co.id silakan bagi yang mau main. Mungkin ada tulisan tentang aku atau belum, soalnya dia sendiri yang ngajakin buat tulisan tentang kita, eh, tentang aku dan dia, ah gimana sih bahasanya, jadi dia nulis tentang aku, aku nulis tentang dia. Nah gitu.

Terus dia juga suka nggambar, wah kok sama lagi sih? Tapi bedanya dia nggambar di hape, aku juga sempat dikasih aplikasinya. Walaupun sampai sekarang masih bingung gunainnya, meski sempat diajarin dikit. Tapi makasih ya. Pasti akan bermanfaat.

Yaudah sih ya, gitu aja, besok malamnya dia pulang, lebih dulu pulang daripada aku, dia bersama Bruno Mars, konco mesranya katanya, mirip Bruno Mars sih, jadi kupanggil Bruno Mars. besok lusa mungkin kutulis ditulisan yang khusus nulis tentang Bruno Mars.

Satu lagi tentang dia, orang bilang aib itu gak boleh diumbar, tapi menurutku ini bukan aib, ini adalah soal pilihan hidup. Dia tiga hari enggak mandi, sedangkan aku di sana mandi dua kali sehari, lebih giat mandi aku di sana, ah ini benar-benar fenomena aneh. Padahal di sana airnya dingin dan mendung mulu. Kata Bruno Mars dia mau mandinya di Malang aja. Memangnya mandi di Purwokerto sama di Malang apa bedanya sih? Apa bedanya Mas? Jawab Mas Joko....


2 Oktober 2017, ditulis Inet Bean di Hari Batik Nasional, dengan bangga memakai batik Pekalongan.
Tentang Alasan, Pertemuan, dan Perpisahan
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.

3 komentar

Tulis komentar

-Terima kasih telah berkunjung di blog ini. Silahkan tinggalkan kritik, saran untuk perkembangan.