Senin, 31 Juli 2017

Simple saja Menghadapi Writer's Block

Simple saja Menghadapi Writer's Block

https://www.theodysseyonline.com/10-stages-writers-block-writing-article

Tidak akan mudah untuk menuliskan bagaimana aku terbebas dari writer’s block. Maka dari itu aku memilih mengetik, agar lebih mudah. Mungkin saja. Tetapi yang sebenarnya terjadi adalah, seperti mencoba memaparkan cara berhenti cegukan saat aku sendiri sedang cegukan.

Writer block (selanjutnya ditulis dengan WB, sekadar informasi, WB adalah akronim dari writer’s block) sendiri merupakan penyakit yang menyebalkan bagi penulis. WB adalah ketika semuanya terasa hambar,tiada lagi yang menarik untuk ditulis, tak ada gairah menulis, seperti segalanya terasa buntu dan stag. Setidaknya itu yang kurasakan.

Singkatnya WB itu mentok nulis. Penyebabnya tentu banyak, mulai dari penyebab yang mengada-ada sampai ada-ada saja. Seperti sibuk karena banyak tugas, itu sudah pasti masuk kategori mengada-ada. Sebab menulis bisa di mana dan kapan saja. Aku tidak sedang menyindir siapa-siapa, tapi aku menyindir diriku sendiri. Dengan sangat keras. Ah!

Adapun sebab lain, yaitu karena patah hati atau sakit hati. Ini masuk kategori ada-ada saja. Tetapi ini serius, benar adanya.  Tapi bukankah patah hati jadi bisa nulis apa yang dirasakannya, Net? Kau pernah sakit hati? jika pernah takkan pernah bertanya seperti itu.

Patah hati itu semacam alasan yang sangat pas untuk bermalas-malas. Benar-benar ada-ada saja kan? Tapi itulah hati, tidak bisa ditebak. Rumit. Tapi sudahlah, sekarang aku sedang tidak patah hati, jadi kemungkinan WBku agak sembuh. (Memalukan, silakan tertawakan aku, hahaha)

Jadi apa yang dilakukan untuk menyembuhkan WB?

Segala sesuatu pastinya dimulai dengan NIAT. Niat aja dulu untuk sembuh dari WB, atau niat menulis. Kalau niat aja enggak, gimana mau ke tahap selanjutnya?

Setelah itu, kau tutuplah matamu. Rasakan aura positif disekitarmu. Pastikan kau lakukan di tempat yang aman, sebab kalau tidak dikhawatirkan ketika kau membuka mata, barang-barangmu telah hilang. Aku tidak tanggung jawab ya...

Perlu diketahui, bahwa WB itu berbeda dengan tidak punya ide, WB lebih mengacu pada sulitnya mengungkapkan suatu ide ke dalam tulisan.

Maka dari itu, pada step selanjutnya, jika kau merasa sudah cukup tenang dan bisa mulai menulis, maka langsung tulis saja. Jika tidak, pergilah ke toko buku, jika dompetmu tidak memungkinkan, maka kusarankan ke perpustakaan saja, Baca Buku.

Bacalah buku yang menarik menurutmu, tidak perlu buku berat seperti sejarah Kerajaan Nusantara. Membaca buku ringan pun cukup. Karena pada dasarnya WB itu bisa disebabkan kurangnya nutrisi kosa-kata, dengan kata lain kurang baca.

Menurutku pribadi sih WB itu males aja intinya. Segalanya menurutku hanya alasan yang mengada-ada. Itu hanya menurutku saja sih, jika kau tidak percaya, itu hakmu.

#TugasFiksi5
Simple saja Menghadapi Writer's Block
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.

2 komentar

Tulis komentar
avatar
1 Agustus 2017 pukul 06.39

Baru sembuh dari patah hati ya Mbak??? Hahhaha


Saya pernah patah hati, dan jangankan menulis, makan aja ga mood. Tapi percayalah ketika waktu telah menyembuhkan, cerita patah hatimu itu bisa kau jadikan bahan tulisan.

Reply
avatar
5 Maret 2022 pukul 19.58

Tiadon Gold™ Stainless Steel Sledgehammer & Hammer - Tinium
The Titanium-Steel Sledgehammer Stainless Steel Sledgehammer Stainless 제이티엠허브출장안마 Steel titanium alloy Double Edge Slice & Hammer is designed to be citizen super titanium armor ideal for experienced microtouch titanium trim as seen on tv players alike. titanium wedding rings

Reply

-Terima kasih telah berkunjung di blog ini. Silahkan tinggalkan kritik, saran untuk perkembangan.