Sabtu, 07 Januari 2017

Apa yang Perlu Dikerjakan bagi Blogger Pemula?

Apa yang Perlu Dikerjakan bagi Blogger Pemula?

https://tersingkong.wordpress.com/2011/05/29/mikir-mikir/

Semalam saya mendapat teman baru, seorang cewek yang manis dan ramah mengirim inbox pada saya. Setelah sekadar basa-basi berkenalan, dia bertanya ‘Apakah saya seorang blogger?

Saya termenung, saya blogger bukan ya? sepertinya terlalu istimewa kalau seorang Inet Bean disebut blogger. Because menurut saya sebutan blogger itu untuk seorang yang konsisten ngeblog sekurang-kurangnya satu tahun, kalau belum mah masih amatiran. Kek saya.

Nah saya ngeblog belum ada satu tahun, jadi saya belum merasa menjadi blogger, but blogger magang, blogger muda, blogger amatiran, whateverlah ya sebutannya, yang pasti masih dalam tahap proses menjadi blogger, seumpama kupu-kupu, belum bermetamorfosis secara sempurna, mungkin saat ini saya masih menjadi ulat. Dan suatu saat nanti ulat harus menjadi kepompong untuk kemudian bisa mengepakkan sayap yang indah.

Dia nanya lagi, gimana sih caranya ngeblog? Caranya sih gampang, tinggal tulis, tulis, tulis lalu poskan. Taraa... sekarang kamu sudah ngeblog.

Kemudian pertanyaan yang tidak bisa dijawab secara singkat nih, makanya saya tuliskan di blog, siapa tahu bermanfaat juga buat temen-temen yang niat mau jadi blogger.

“Yang perlu dikerjakan bagi blogger pemula itu apa saja sih?”

Inet Bean juga blogger pemula sih, dan karena sudah dan sedang dalam proses blogger pemula, sedikit banyak saya belajar dari pengalaman dan teman-teman blogger One Day One Post tentang bagaimana memulai ngeblog.

Pertama, Niat dan tujuan. Kamu harus memantabkan niat dan menentukan tujuan kamu ngeblog, karena itu yang akan menentukan konsistensimu dalam dunia blogger. Ngeblog itu gampang-gampang susah. Gampangnya seperti saya bilang di atas, tinggal tulis, tulis, tulis dan postkan. Susahnya kalau rasa malas menyerang. So tentukan niat dan tujuanmu, itu adalah senjata ampuh melawan rasa malas.

Kedua, Percaya Diri. Saat kamu mau ngeblog tapi gak PD dengan tulisanmu, itu adalah bencana. Kenapa? Karena hanya karena enggak PD, kamu enggak ngeblog-ngeblog. Tahu gak? Saya pernah bilang, tulisan bagus itu adalah tulisan yang dituliskan. PD aja dengan tulisanmu, semua butuh proses. Gak ada yang instan di dunia ini kecuali produk yang ngaku instan.

Ketiga, Cari Jaringan. Di sini bisa jaringan teman, komunitas, atau jaringan internet, hewhewhew... jaringan teman dan komunitas bisa membuatmu lebih semangat dalam ngeblog. Selain itu saling blog walking. Dan pastikan jaringan internet kamu lancar ya? hewhewhew...

Oke deh Dear... itu dulu tips dari saya. Semoga tips di atas bermanfaat, dan tentunya masih ada kekurangan yang bisa disempurnakan kamu atas dasar pengalaman kamu....


Eh, btw sekarang tanggal bagus loh, bulan 1 tanggal 7 tahun 2017, 17-17 loh ini, Cuma sekadar ngasih tahu sih. Jadi spesial banget yah? Aku nulis ini buat kamu... kamu... iya kamu semua yang mau jadi blogger.

7 Januari 2017
Apa yang Perlu Dikerjakan bagi Blogger Pemula?
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.

7 komentar

Tulis komentar

-Terima kasih telah berkunjung di blog ini. Silahkan tinggalkan kritik, saran untuk perkembangan.