Selasa, 17 Januari 2017

Sebentar Lagi

Sebentar Lagi

Mendeskripsikan gambar ini, untuk Mba Adriana


Pada Petang...
Yang perlahan meluruhkan jingga

Sebentar lagi bulan menenggelamkan mentari di lumpur laut yang mulai tergenang. Tahukan persamaan antara kau dan bulan yang dingin pada pasang surut lautan?

Sebentar lagi gelap, tetapi kelihatannya menakjubkan. Anak-anak kecil tertawa, bermain-main dengan ombak dan pasir, menunggu orang tua mereka yang tak kunjung pulang. Seperti aku yang kini tertawa, tawa yang mengundang keheranan.

Tiba-tiba saja aku sudah melempar kail, tak lama berselang kau sudah menyambarnya, ikan. Suatu yang menyala memang terlihat menggiurkan, tipuan. Anak-anak kecil itu tertawa lagi, sedangkan aku menertawakan diriku.

Anak-anak kecil, kita mempunyai beberapa persamaan, tawa kita, cara menunggu kita, dan tentu saja permainan dengan sang pengatur maha benar. Ayo, kita tertawakan saja...

Bukankah ini menyenangkan?

Oh, tentu saja, ini menyenangkan.

Hingga jingga menjadi sebiru luka. Orang tua anak-anak itu tak kunjung menepi, kapal-kapal yang semakin menjauh, debur ombak yang besar berbuih, meluruhkan kepercayaan anak-anak kecil selangkah demi selangkah. Kemudian merapuh.

Sayang, percayalah... sebentar lagi

Sampai kapan? Permainan ini membuat kami lelah

Bagaimana lagi aku meyakinkan mereka, orang tua anak-anak yang ada di kapal-kapal, sengajakah mereka membuat permainan ini demi menipu mereka?

Aku tertawa, anak-anak kecil itu ketakutan. Tawaku semakin keras. Membuat ikan yang baru tertarik kailku urung, bersembunyi diantara batu karang.

Apakah kubiarkan saja permainan yang tak kumengerti aturannya terus membuatku salah, atau kubiarkan saja sang pengatur maha benar terus mempermainkanku, atau sebaiknya kuselesaikan dulu tawaku ini.

Anak-anak kecil

Sederhana
Suaramu adalah penawarnya

Jangan biarkan kau takut, kita senasip, sayang... aku senang menunggu bersama, dan mari kita tertawakan cara mereka mengatur yang penipu. Tapi tak usah pedulikan itu lagi. Mari membuat aturan main baru...

Inet Bean
17 Januari 2017
Sebentar Lagi
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
Na
17 Januari 2017 pukul 21.50

Good.. Mari kita tertawa bersama, mba.

Reply

-Terima kasih telah berkunjung di blog ini. Silahkan tinggalkan kritik, saran untuk perkembangan.